Banyuasin, WartaKitaNews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Rajak Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, pada Jum’at (14/06/2024) melaksanakan Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap ke 2 untuk Bulan April, Mei dan Juni Tahun Anggaran 2024.

Penyaluran dana BLT DD ini dilaksanakan dengan cara mengantar langsung kerumah rumah setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) , dengan penerima sebanyak 20 KPM yang berasal dari Keluarga Tidak Mampu dan tergolong miskin ekstrim, dengan jumlah dana sebesar Rp.900.000, untuk tiga bulan berturut-turut.

Kegiatan Penyaluran dana BLTDD ini dipimpin Langsung oleh Sarjoni selaku Kepala Desa Pulau Rajak yang didampingi oleh Perangkat Desa, Pendamping Lokal Desa Mita Febriyanti, dan BPD.

Penyaluran BLT-DD ini Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 dimana ditentukan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi Keluarga Miskin Ekstrim dan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim.

Kepada wartawan Kades Sarjoni menjelaskan, jika kreteria Penerima BLT-DD diantaranya Keluarga Miskin Ekstrim, keluarga yang terdapat anggota keluarganya rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota tunggal lanjut usia dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“Yang mendapatkan BLT-DD Tahun Anggaran 2024 ini adalah warga miskin yang belum tercover bantuan dari pemerintah baik itu PKH maupun BPNT,” jelasnya.

“Harapan kami dengan disalurkannya BLT-DD Tahap I ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu khususnya yang ada di desa Pulau Rajak ini,” katanya.

“Semoga Uang Tunai yang diterima oleh 20 KPM ini dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat yang menerimanya” pungkasnya. (Vilkadi)

By Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *