Banyuasin, WartaKitaNews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Biyuku Kecamatan Suak Tape Kabupaten Banyuasin, pada Kamis (13/06/2024) melaksanakan Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap ke 2 untuk Bulan April, Mei dan Juni Tahun Anggaran 2024.

Penyaluran dana BLT DD ini dilaksanakan di kantor desa Setempat, dengan penerima sebanyak 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari Keluarga Tidak Mampu dan tergolong miskin ekstrim, dengan jumlah dana sebesar Rp.900.000, untuk tiga bulan berturut-turut.

Kegiatan Penyaluran dana BLTDD ini dipimpin Langsung oleh Pandi Hardiansyah selaku Kepala Desa Biyuku yang didampingi oleh Perangkat Desa, dan BPD.

Penyaluran BLT-DD ini Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 dimana ditentukan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi Keluarga Miskin Ekstrim dan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim dimana besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 25% dari total pagu Anggaran Dana Desa.

Kepada wartawan Kades yang akrab disapa Pandi ini menjelaskan, jika kreteria Penerima BLT-DD diantaranya Keluarga Miskin Ekstrim, keluarga yang terdapat anggota keluarganya rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota tunggal lanjut usia dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“Yang mendapatkan BLT-DD Tahun Anggaran 2024 ini adalah warga miskin yang belum tercover bantuan dari pemerintah baik itu PKH maupun BPNT,” jelasnya.

“Harapan kami dengan disalurkannya BLT-DD Tahap I ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu khususnya yang ada di desa Biyuku ini,” katanya.

“Semoga Uang Tunai yang diterima oleh 30 KPM ini dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat yang menerimanya” pungkasnya.

Hadir pada acara trrsebut antara lain camat Suak Tape Bambang Setiadi, SE MM, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pendamping desa. (Vilkadi)

By Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *