MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Satan Indah Jaya, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) dalam memanfaatkan Dana Desa (DD), patut diacungi jempol. Karena dana tersebut dipergunakan langsung menyentuh masyarakat yakni, untuk merehab rumah tidak layak huni (RTLH).

Pelaksanaan rehab rumah tak layak huni yang menggunakan DD tahap dua ditandai dengan titik nol oleh Pemdes Satan Indah Jaya dikomandoi Kepala Desa (Kades) setempat dan disaksikan pihak Kecamatan, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD serta Perangkat Desa.

Kades Satan Indah Jaya, Beni Esa, saat dibincangi awak media, Jum’at (29/10/2021) mengatakan, bahwa penggunaan DD harus direalisasikan sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) baik Kementerian Desa maupun Peraturan Daerah (Perda).

“Dengan kondisi ini maka dalam peruntukan dan pemanfaatannya, DD harus tepat sasaran,” katanya.

Dijelaskannya, untuk tahun ini penggunaan DD disektor fisik maka, difokuskan untuk melaksanakan rehab rumah tak layak huni. Dimana, untuk total keseluruhan sebanyak 23 unit dengan anggaran satu unit sebesar Rp15 juta.

“Dari 23 unit tersebut dilaksanakan tahap pertama 10 unit, tahap kedua 10 unit dan tahap ketiga sebanyak 3 unit,” terangnya.

Untuk pelaksanaan pengerjaan, sambung Beni, tahap pertama telah selesai, tahap kedua tengah berlangsung dan tahap ketiga belum dikerjakan karena masih menunggu anggaran.

“Pengerjaannya sendiri dilakukan secara gotong royong dan yang direhab menyasar atap, lantai dan dinding (Aladin) yang sudah rusak serta tidak layak layak lagi untuk ditempati,” urainya.

Mengenai kategori sasaran yang menerima bantuan rehab rumah tak layak huni ini sendiri, Beni mengakui disamping telah didata warga miskin baik kategori usia lanjut (Lansia), janda menahun dan fakir miskin.

Terlepas dari itu dengan adanya bantuan bedah rumah melalui DD ini diharapkan warga tersebut dalam memiliki rumah atau tempat tinggal yang layak untuk dihuni. Sehingga, dengan begitu maka nyaman untuk ditempati.

“Untuk tahun depan saya targetkan ada 50 rumah tak layak huni yang akan direhab melalui DD. Sehingga, dengan begitu kedepan tidak ada lagi atau zero warga Satan Indah Jaya yang menempati rumah tak layak huni tersebut,” tandasnya. (And)

By admin

Joni Karbot & Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *