MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti bersama Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Erwinsyah Taupan mengkomandoi langsung kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021, di Dusun VII Desa Q1 Tambah Asri Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (2/9/2021).

Kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati yang disuapkan ke Kepala Suku Anak Dalam (SAD) Muhammad Pintar dan dlanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati dan Dandim serta jajaran dan diakhiri dengan peninjauan lokasi rumah milik Eko Riyadi dan Waras Santoso yang merupakan warga SAD penerima bantuan bedah rumah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti mengatakan kegiatan terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura dan Kodim 0406/MLM, dimana kegiatannya akan diprakarsai oleh TNI sampai dengan selesai.

Dikatakan Wakil Bupati, Pemkab Mura sangat mendukung program TMMD. Apalagi, TMMD ini juga menyasar masyarakat SAD, yang memang butuh perhatian.

“Atas nama Pemkab Mura, kami mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0406/MLM yang telah memprakarsai kegiatan ini dari awal hingga akhir,” ucapnya.

Dalam rangka kegiatan TMMD, selain membantu pembangunan fisik, melalui Dinkes bisa masuk program kartu BPJS, dari Disdik bisa membantu bidang pendidikan, dan sebagainya. Khususnya terhadap 19 KK SAD, yang memang memerlukan perhatian.

“Semoga niat baik ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan khusus untuk keluarga yang mendapat. Dananya gak usah dipikirkan, karena semuanya sudah dibiayai oleh pemerintah,” tutup Wabup.

Dikesempatan yang sama, Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Erwinsyah Taupan menceritakan program TMMD masuk Q1 Tambah Asri bermula dari tahun 2020 lalu. Dirinya menerima laporan dari Danramil Tugumulyo dan Camat Tugulmulyo bahwa di desa tersebut ada 19 KK warga SAD.

“Sempat meninjau lansung ke lapangan, bertemu dengan Kepala SAD, Muhammad Pintar. Banyak menerima cerita soal keluhan warga SAD. Kemudian saya ajukan progam TMMD. Alhamdulillah disetujui TMMD ke-112 salah satunya di Desa Q1 Tambah Asri ini,” kata Dandim.

Dandim mengatakan ada jalan yang perlu dibangun sepanjang 5,2 kilometer ditambah 10 gorong-gorong dan satu jembatan, panjang 8 meter lebar 5 meter. Dan untuk jadwal TMMD, dimulai dari 13 September sampai 15 Oktober 2021.

“Kenapa ada pra dulu, karena saat ini sudah masuk musim hujan, sehingga dikhawatirkan tidak selesai tepat waktu. Makanya kita minta bantu warga setempat dikerjakan lebih awal,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan TMMD ke-112 tahun 2021, Kodim 0406/MLM menerjunkan tim satgas sebanyak 150 personil gabungan. Sebanyak 120 personil lapangan, dan 30 personil sebagai tenaga teknis, yang dibantu dari Dinas Perkim dan Dinas PUPM. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *