MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Satreskrim Polres Musi Rawas (Mura) berhasil meringkus dua dari empat komplotan Hipnotis pencurian dengan kekerasan, Senin (3/7/2023).

Diketahui identitas tersangka Ronald (32) dan Bustomi (54), keduanya warga Kota Lubuklinggau.

Kedua tersangka tersebut ditangkap ditempat berbeda. Yang pertama ditangkap tersangka Ronald saat berada didalam mobil. Kemudian dari nyanyian Ronald berhasil diamankan Bustomi. Keduanya ditangkap tanpa perlawanan.

Modus yang dilakukan kedua tersangka untuk meyakinkan korban, dengan cara merayu dan menghipnotis sehingga korban mau melepaskan perhiasan yang dipakai.

Hebatnya salah satu dari tersangka yakni Ronald merupakan residivis pencurian kendaraan bermotor di wilayah Curup Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Hal ini terungkap saat konferensi pers yang dipimpin langsung Kapolres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo, S.ik didampingi, Kabag Ops, Kompol M Harsono, Kasat Reskrim, AKP M Indra Prameswara, Kanit Pidum, Kanit Pidum, Ipda, Eko Setiawan, Rabu (5/7/2023).

Kapolres menerangkan untuk sementara korbannya ada empat orang. Semuanya kerugian adalah emas.

Dijelaskannya kedua pelaku ditangkap atas tindak pidana 365 KUHP dengan korban warga RT 2 Kelurahan Megang Sakti II, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas.

Peristiwa terjadi Senin (3/7/2023). Dari hasil penyelidikan Sat Reskrim Polres Musi Rawas dari Unit Pidum dan Tim Landak di dapat informasi bahwa tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan dengan cara mendekati korban yang sedang menyapu di halaman rumahnya.

Kemudian pelaku mendatangi korban dan menanyakan alamat dan pada saat itu juga korban sempat dihipnotis oleh pelaku dan korban langsung ditarik masuk ke dalam kendaraan mobil Xenia.

Di dalam mobil tersebut korban sempat dipukuli oleh para pelaku yang berjumlah empat orang.  Kemudian gelang emas yang digunakan korban seberat 10 gram serta kalung emas seberat 20 gram dengan nilai kerugian Rp. 26,7 juta   diambil oleh para pelaku.

Kemudian setelah korban diambil barang-barangnya oleh para pelaku, korban diturunkan dan ditinggalkan di desa proyek T , Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas.

Selanjutnya setelah dilakukan olah TKP oleh Sat Reskrim dari Tim Landak  dipimpin oleh Kanit Pidum, Ipda Eko Setiawan, kemudian ada nama-nama yang akhirnya diketahui. Seterusnya Tim Landak langsung mencari keberadaan empat orang dari pelaku tersebut.

“Dan kemudian kami mendapatkan informasi bahwa pelaku atas nama Ronald ini sedang mengendarai kendaraan roda empat Xenia tersebut dan berhasil diamankan di seputaran jalan di sekitar Kota Lubuklinggau,” katanya.

Dari hasil interogasi di tempat, kemudian ada nama berikutnya yang diketahui yaitu pelaku atas nama Bustomi.

Kemudian dilakukan pengejaran kembali dan pelaku atas nama Bustomi dapat diamankan oleh Tim  kami di sekitaran lampu merah RCA Kota Lubuklinggau dan tanpa melakukan perlawanan.

Dan dari hasil pengembangan terhadap dua orang tersebut didapatkan juga identitas dari dua pelaku lainnya yang saat ini masih dalam status DPO yaitu John dan Yan Dono.

Kemudian kedua pelaku, yang pertama tadi atas nama Ronald dan Bustomi kembali ke Polres Mura untuk dilakukan proses penyidikan.

“Kedua pelaku juga terlibat di hipnotis di wilayah Polsek Muara Beliti dan Polsek Tugumulyo. Kedua tersangka  dikenakan pasal 365 KUHP pidana dengan ancaman kurungan maksimal yaitu 9 tahun penjara,” katanya.

Dalam kesempatan juga Kapolres menghimbau kepada masyarakat, terkhusus ibu-ibu dan anak-anak apalagi yang mungkin sudah berumur tolong berhati-hati dengan tidak menunjukan atau tidak memamerkan barang perhiasannya di tempat-tempat umum.

“Karena, walaupun kami sudah dapat berupaya untuk mengejar pelaku. Pelaku lainnya agar tidak mengulangi perbuatannya khususnya di wilayah Kabupaten Mura,” tandasnya. (And)

By Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *