MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Jalan lintas Muara Beliti – Sekayu yang beberapa hari terakhir lumpuh tidak bisa dilewati akibat terendam banjir, sejak Rabu (15/3/2023) sudah bisa dilewati.

Demikian disampaikan Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo kepada awak media, Kamis (16/3/2022).

“Banjir yang selama ini mendera wilayah Kabupaten Musi Rawas sudah surut. Begitu juga jalan Lintas Musi Rawas-Sekayu-Palembang dan sebaliknya sudah bisa dilewati, karena sudah tidak banjir lagi,” kata Kapolres. 

Karena Jalan Lintas Musi Rawas-Sekayu-Palembang sudah bisa dilewati, lanjutnya, papan himbauan yang beberapa waktu lalu terpasang, baik dipasang di Simpang Muara Beliti, Simpang Empat Betung, Banyuasin maupun di KM 12 Palembang sudah dicabut. 

“Papan himbauan yang terpasang di Simpang Muara  Beliti kemudian yang ada di Simpang Empat Betung termasuk yang di Banyuasin maupun termasuk yang di jalan  km 12 di Palembang itu sudah kami cabut.  Semuanya sudah kami ambil supaya masyarakat juga semakin jelas bahwa jalur lintas Sumatera dari Palembang menuju Lubuklinggau atau sebaliknya sudah bisa dilewati,” ujarnya.

Dijelaskannya, mengenai banjir di Kecamatan Muara Kelingi, sekarang ini sudah surut. Namun, saat ini pihaknya masih memonitor di Kecamatan Muara Lakitan khususnya di beberapa desa masih ada genangan air.

“Tapi, seperti di Desa Semangus Baru dan Semangus Lama Kecamatan Muara Lakitan, air sudah turun sangat signifikan,  sehingga masyarakat sudah bisa menggunakan kendaraan bermotor ataupun ekonomi berjalan dibandingkan dengan kemarin pada saat kami mengecek masih menggunakan kapal,” jelasnya.

Kemudian, di Desa Prabumulih 1 Kecamatan Muara Lakitan itu juga masih ada genangan air disebabkan  luapan dari air Sungai Musi masuk ke wilayah desa tersebut. 

“Ya, mungkin kultur tanahnya cukup rendah sehingga airnya masih menampung pada pagi hari ini. Tapi itu pun juga sudah mulai meresap masuk ke dalam tanah,” terangnya.

Menurut Kapolres, upaya yang dilakukan oleh pihak Kepolisian saat ini adalah masih di backup oleh rekan-rekannya baik dari Brimobda Polda Sumatera Selatan dari Batalyon B Brimob  Petanang Lubuklinggau, kemudian juga dari Direktorat Pol Airud Polda Sumsel dan lainnya bersama-sama dengan rekan-rekan dari Polres, Polsek dan unsur terkait dalam hal ini dari Koramil Muara Lakitan kemudian ada masyarakat lainnya yang memang memberikan bantuan.

“Kami juga sudah mulai monitor beberapa perusahaan juga sudah mulai memberikan bantuan kemudian dari PMI dari baznas ini juga turut memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Saat ini proses kami lakukan adalah proses recovery atau pemulihan.  Jadi tadi kami sempat datang ke sana. Kami pimpin untuk melaksanakan mulai pembersihan terhadap jalan atau ruas-ruas  jalan yang memang kemarin terendam dan   kondisi berlumpur,” tandasnya. (And)

By Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *