MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud memimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

di Kabupaten Mura Tahun 2023, di Mapolres Mura, Selasa (7/3/2023) sekitar pukul 08.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ratna mengatakan bahwa untuk jumlah desa di Kabupaten Mura yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2023 sebanyak 59 desa terbagi dalam 13 kecamatan dan ada 188 Calon Kepala Desa.

“Seperti yang kita ketahui pelaksanaan, pemungutan suara dilaksanakan besok, Rabu (8/3/2023). Artinya untuk saat ini sedang masa tenang,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, tujuan dan maksud dari apel ini yakni menyamakan langka, menyatukan tekad untuk saling bahu membahu, serta kesiagaan pasukan pengamanan, dan sarana perasarana yang dimiliki dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Mura.

“Untuk itu, melalui apel ini, saya minta seluruh pasukan pengamanan agar tetap memelihara suasana kondisi saat pemungutan suara berlangsung,” ujarnya.

Proses pemilihan pilkades, lanjut Bupati merupakan puncak pelaksanaan demokrasi, apabila proses pilkades tidak bagus, maka kita tidak siap berbeda pendapat, apabila bejalan aman dan damai tidak ada alasan berpartisifasi aktif.

“Dan, saya secara pribadi berharap Pilkades ini, berjalan sukses dan sukses juga bagi kades terpilih yang nantinya memimpin desa yang lebih sejahtera,” harapnya.

Sementara, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo didampingi Pabung Mura, Mayor CPM Abdul Wahab dan Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan mengatakan bahwa dari pelaksanaan apel ini baik dari Polri, TNI dan Pemkab Mura hingga kedesa kami siap melakukan pengamanan Pilkades. Dan ini salah satu wujud sekaligus menciptakan situasi aman, damai, nyaman dan kondusif pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Mura.

“Seperti kita ketahui, di Kabupaten Mura, ada 185 TPS, dan total keseluruhan personel melakukan pengaman ada 770 personel meliputi Polri, TNI, Brimob, Pemda Mura melalui Sat Pol PP Damkar, akan standby di 185 titik TPS tersebut,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, mengenai pelaksanaan/teknis pengamanan dilapangan. Pengamanan mulai hari ini, besok hingga selesai, pelaksanaan pemungutan suara, diperkirakan tiga hari, namun tentunya proses pilkades ada tahapan hingga nantinya pada Mei saat pelantikan kades terpilih.

“Kami berharap baik dari Polri, TNI, Pemda Mura, kepada masyarakat mari nikmati proses kontestasi Pilkades, tentunya prosesnya sesuai dengan aturan hukum dan ketentuan yang berlaku, tidak melakukan tindakan anarkis main hakim sendiri, karena para calon kades juga, sudah menandatangai perjanjian siap menang dan siap kalah, serta siapapun menjadi kades terpilih kiranya untuk didukung untuk kemajuan desa masing-masing,” tandasnya.

Hadir dalam apel tersebut, para kabag, kasat, serta kapolsek, Pabung Mura, Mayor CPM Abdul Wahab, perwakilan Detasemen B Pelopor Petanang, Kepala DPMD Mura, Kasat Pol-PP & Damkar Mura, serta personel Polres Mura. (And)

By Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *