Banyuasin, WartaKitaNews.com- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan Betung mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) PPS se-Kecamatan Betung pada Minggu tanggal 5 Februari 2023 di Sekretariat PPK Betung tepatnya Gedung MTI Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung. Bimbingan Teknis Penyusunan daftar pemilih dan Verifikasi Faktual calon Anggota DPD Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan bimtek dihadiri Kepala Sekretariat KPU Banyuasin Saperan S.Sos M.Si, Ketua Yudi Hartono S.Pd dan Anggota PPK Ardi, Sumardi, Aan Suprianto ST, Nico Daryanto, Kepala Sekteraiat PPK Betung Nazaruddin SKM, Ketua dan satu ( 1 ) Anggota PPS Desa/Kelurahan se-Betung

Kegiatan Bimtek dibuka langsung oleh Ketua PPK Betung Yudi Hartono, S.Pd.

Untuk tahapan kegiatan selanjutnya, Yudi Hartono menginformasikan bahwa tugas Verifikasi faktual DPD dilakukan PPS tidak dibolehkan dilimpahkan ke Pantarlih.

“Nanti tugas verifikasi faktual dilakukan PPS bukan oleh Pantarlih” ujarnya

Yudi Hartono menambahkan pesan pada saat membuka acara menyampaikan harapan agar para peserta bimtek pasca mengikuti kegiatan ini memiliki pemahaman yang sama terkait tahapan verifikasi faktual bakal calon anggota DPD. Dengan bekal pemahaman dia berharap proses ini berjalan sesuai jadwal.

Sementara itu arahan lain disampaikan devisi teknis penyelenggaraan PPK Betung, Ardi menyampaikan terkait verifikasi faktual DPD sekaligus praktek pengisian blangko Model LK Verfak Pendukung DPD-RI, baik langsung ataupun vidio call. materi verifikasi faktual bakal calon anggota DPD meminta jajarannya untuk mempedomani ketentuan UU Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2022 yang telah diubah pada PKPU Nomor 13 Tahun 2023.

Ardi juga mengingatkan proses verifikasi faktual bakal calon anggota DPD juga dapat memanfaatkan sarana teknologi informasi seperti panggilan video saat verifikator sulit menemui pendukung atau tidak dapat hadir ditempat ditentukan. Lebih dari itu pria asal Rimba Asam berpesan agar verifikasi faktual bakal calon anggota DPD dilaksanakan sesuai kententuan yang berlaku.

Sedangkan devisi perencanaan, data dan informasi, Aan Suprianto ST menyampaikan tahapan penyusunan daftar pemilih.

Sedangkan Saperan, S.Sos M.Si menyampaikan hari ini dilakukan Bimtek dari PPK Ke PPS, sesuai jadwal dilakukan Bimtek ini dibagi sesuai wilayah, hari ini kami hadir di PPK Betung.

Ditambahkan oleh Saperan untuk Sekretiat PPK dan PPS sesuai dengan arahan adalah PNS, Honorer atau Perangkat Desa/Kelurahan dilingkungan setempat, nanti PPS di kordinasikan ke Kepala Desa/Lurah untuk membentuk sekretariat PPS.

Editor: Joni Karbot

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *