Banyuasin, WartaKitaNews.com- Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para operator atau Petugas Pendata SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) di Desa Bukit, Desa Sri Kembang dan Desa Suka Mulya serta Desa Taja Indah yang dilaksanakan serentak. SDGs merupakan program rujukan para pemimpin dunia termasuk Indonesia dalam melakukan aksi global, SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 sedangkan SDGs Desa berisi 18 tujuan.

Selain petugas operator yang disebut enemurator, bimtek hari ini dihadiri oleh Tenaga Ahli Kabupaten Nurawati SH, Rismarini S.Pd, Indra Faisal ST, Camat Betung M.Sobir S.Sos, Kepala Desa (Kades) Taja Indah Alpikar M.Pd, Kades Bukit Ivan Juniaryah SH, Kades Sri Kembang Hadi Saputra, Kades Suka Mulya Eko Susanto beserta Perangkat Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa

Dalam Sambutan sekaligus membuka acara Camat Betung M Sobir S.Sos menghimbau agar para enemurator dapat memahami dan melaksanakan pendataan setelah bimtek hari ini.

Ditambahakan oleh M Sobir. Bahwa para enemurator harus bekerja dengan teliti sesuai data di lapangan yaitu Kartu Keluarga (KK) dan kondisi riil di lapangan.

Dalam kesempatan ini Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Banyuasin sekaligus Korkab Nurahwati, SH bahwa SDGs program percepatan pembangunan Nasional karena SDGs masuk ke dalam program Kementerian Desa (Kemendes) sesuai Instruksi Presiden. Dana untuk operasional kegiatannyapun didanai dari Dana Desa dan bertujuan untuk melihat kondisi riil masyarakat, guna perencanaan program pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19.

Ditambahkan oleh Kades Bukit Ivan Juniaryah SH, membernarkan Kegiatan ini dilakukan dan diikuti empat desa, Desa Taja Indah, Desa Suka Mulya dan Desa Sri Kembang

“Empat desa ikuti Bimtek SDGs Desa ini, dengan Narasumber dari Kabupaten, dihadiri Pendamping Desa” Ujarnya.

Lanjut pada teknis bimbingan penginputan data pada aplikasi SDGs, melalui Handphone android/ letop masing-masing enemurator dipandu langsung oleh Narasumber dan difasilitasi Arnita ST, Lina Susanti S.Pd.I Selaku Pendamping Desa Serta Joni, Sugianto.

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *