Banyuasin, WartaKitaNews.com- Pendampingan penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Anggaran Tahun 2022, khususnya wilayah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, dilakukan Selasa (30/8/2022).

Kegiatan ini dihadiri Camat Betung M Sobir S Sos, Kepala Inpektorat Kabupaten Banyuasin Zakirin SP MM, Plt Irban III Ismiyati ST M Si, Auditor Muda Yusmandi ST, Fetarianti SE, Dody Gustian SE, Auditor Pertama Meirisa Pratiwi SST, Patrawansyah SE, Pengelolaan Sarana Prasarana Rumah Tangga Dinas Ahmad Azd Yahmady A Md dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Betung, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa serta Unsur Media Desa.

Camat Betung M Sobir S.Sos mengatakan, Pembinaan dan pendampingan ini memberikan panduan kepada seluruh kepada desa mengenai Pelaporan Dana desa.

“Tujuannya agar dalam menggunakan Dana desa bisa sesuai dengan sasaran dan tidak keluar dari jalurnya,”katanya.

Kepala Inspektorat Banyuasin Zakirin, SP, MM menambahkan sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), pihaknya mempertegas perannya dalam laporan, pengawasan, pelaksanaan dan pertanggungjawabkan anggaran.

“Kita melakukan pembinaan dan Pendampingan ini kepada seluruh Kades, tujuan pecegahan perventif hasil audit reguler, kegiatan yang dibelanjakan kadang-kadang tidak lengkap, setiap yang dikeluarkan harus dipertanggungjawabkan. Jadi ketika ada pemeriksaan maka bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Ditambahkan beliau bahwa kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa, operator serta perangkatnya, yang dilakukan adalah pembinaan bukan audit SPJ, pelaporan SPJ /LPJ Mereka yang tidak lengkap tadi, dikasih tau ini yang betul ini yang kurang dan ini yang perlu tambahan.

“Pembinaan bukan audit SPJ, pelaporan ini yang betul ini yang kurang dan ini yang perlu tambahan” katanya.

Sementara Kepala Desa Taja Mulya Supandi sangat setuju dengan adanya Pembinaan dan Pendampingan Pelaporan ini.

”Sangat bagus dan mendidik, sasarannya tentang penggunaan dan pelaporan dana desa dan memang harus digunakan sebaik-baiknya,” ungkap Ketua Forum Kades Kecamatan Betung.

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *