PALI, WartaKitaNews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), merencanakan program pemasangan jaringan internet di tiap desa di PALI.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Diskominfo Ali Akbar, pada media ini, Kamis (14/7/2022), di kantornya.

Menurut Ali, program tersebut merupakan alternatif untuk mengatasi ketiadaan sinyal internet (blank spot) yang masih mendominasi di Bumi Serepat Serasan.

“Kita sudah mengusulkan untuk pendirian tower internet yakni sebanyak 61 tower. Juga sudah menghubungi langsung beberapa provider. Namun pertimbangan pihak provider adalah bisnis, sehingga perlu juga disiapkan alternatif lain, bila usul itu belum bisa direalisasikan,” tuturnya.

Alternatif tersebut adalah dengan pemasangan jaringan internet berbasis kabel, seperti Telkom, Iconnet (grup PLN). Maupun penyedia layanan internet lain, yang tidak bergantung dengan keberadaan tower di lokasi tersebut.

“Target kita akhir 2023 sudah terpasang di separuh desa di PALI. Dan sudah tercover semua desa pada 2024,” urainya.

Ditambahkan Ali, pembiayaan internet desa akan dianggarkan melalui APBD PALI, guna mengatasi 41 titik blankspot di PALI. Dia juga merencanakan akan mengundang para provider guna mendapat masukan untuk mewujudkan wacana tersebut.

“Rencananya Agustus ini, para provider akan kita kumpulkan. Nanti silahkan para wartawan tanya langsung pada mereka, terkait persoalan sinyal di PALI,” tukasnya.[red]

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *