MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud meresmikan kantor Koperasi KSU PKS Lubuk Ngin Bersatu dibawah binaan PT Evans Lestari, di Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit, Kamis (23/6/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud menyambut baik dengan terbangunnya kantor Koperasi KSU PKS Lubuk Ngin Bersatu dalam meningkatkan kesejahteraan anggota plasma serta menjadi percontohan bagi koperasi lain serta usaha lain guna mendukung terwujudnya Mura Mantab.

Bupati berharap, dengan adanya kantor ini maka dapat menunjang aktifitas koperasi sehari-hari dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan membangun negeri.

“Terima kasih kepada PT Evans Lestari yang telah membantu mensejahterahkan masyarakat. Namun, saya ingatkan koperasi ini milik anggota untuk mensejahterakakan anggota. Sehingga, saya minta agar pengurus koperasi tidak mudah berpuas diri untuk meningkatkan perekomian masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Grup Manajer PT Evans Lestari, Luhut Gulton didampingi Manajer Pamitra, Guiliano Agusta Gugun menjelaskan dengan adanya kantor koperasi ini tempat berkumpul dan mencari informasi terkait plasma Lubuk Ngin Bersatu.

Dirinya berterima kasih kepada Bupati Mura atas perhatian kepada masyarakat Mura umumnya Lubuk Ngin khususnya. Sebab, dengan adanya koperasi ini maka bisa mendukung tercapai ketahanan pangan masyarakat sebagaimana misi Bupati.

Menurut ia, untuk di Mura setidaknya ada 9 Koperasi yang tersebar di 5 Kecamatan dan 12 Desa dibawah binaan PT Evans Lestari dengan jumlah anggota sebanyak 2586 orang dan total lahan mencapai luas 3 ribu hektar. Sehingga, dengan adanya kantor ini maka pihaknya bangga karena sebagai bukti terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik antara koperasi dan perusahaan.

“Kami berharap kantor ini tidak hanya hanya kantor koperasi melainkan juga bisa menjadi tempat usaha mikro lainnya dengan bekerjasama dengan Koperasi KSU PKS Lubuk Ngin Bersatu,” harap Luhut.

Sebelumnya, Ketua koperasi KSU PKS Lubuk Ngin Bersatu, Abdul Tholib mengatakan bahwa untuk pembangunan kantor koperasi dengan diatas tanah 16×42 meter dengan luas bangunan 16×16 meter. Sedangkan luas plasma 421 hektar dengan anggota 488 orang.

Dikatakannya, untuk plasma yang sudah panen seluas 370 hektar dengan dan surplus Mei 2022 atau saldo koperasi Rp2,6 Miliar dengan pendapatan per hektar tahun tanam 2015 dan 2017 yakni sebesar Rp1 juta per hektar dan tahun tanam 2018 yakni Rp500 ribu per hektar dan tahun 2019 Rp 250 ribu karena lahannya masih kecil.

“Sedangkan, 50 hektar belum panen karena tahun tanam 2021,” katanya. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *