MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar tes urine lanjutan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti kegiatan Rehabilitasi Sosial Tahun 2022, di Aula Lapas Narkotika, Kamis (16/6/2022).

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Rudik Erminanto saat dibincangi awak media mengungkapkan kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama satu semester dan akan menjalani Tiga kali tes urine, yaitu awal, lanjutan dan akhir.

“Pada tes urine lanjutan ini, diikuti oleh 234 orang WBP yang masih mengikuti rehabilitasi sosial,” kata Rudik.

Dijelaskan Rudik, kegiatan tes urine memang rutin dilakukan sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan rehabilitasi sosial.

“Selain dari itu, kami juga memastikan bahwa kegiatan ini juga dapat dijalani dengan warga binaan dengan tertib dan aman,” ujarnya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Rudik menyempatkan diri berdialog kepada WBP sebagai testimony bagaimana hasil dan perubahan selama mengikuti rehabilitasi sosial. WBP yang berdialog dengan senang menjawab bahwa setelah mengikuti kegiatan rehabilitasi sosial ini, mereka merasakan perubahan positif baik dari segi fisik maupun rohani.

Sementara, Ketua Rehabilitasi Sosial, Meta Putra mengatakan pemeriksa alat tes urine ini sendiri dilakukan oleh dua orang perawat Lapas. Dari 234 orang yang dites, semuanya dinyatakan negatif penggunaan narkoba.

“Alhamdulillah, semua peserta rehabilitasi sosial di Lapas Narkotika Muara Beliti yang sekarang masih mengikuti kegiatan, semuanya dinyatakan negatif penggunaan narkoba. Tentu kita semua berharap hal ini menjadi indikator positif agar pelaksanaan rehabilitasi sosial tahun ini juga berjalan dengan lancar dan berhasil,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan tes urine tersebut, diawasi langsung oleh Kepala KPLP Lapas Narkotika Muara Beliti, Indra Gunawan, Kasi Kamtib, Suradi dan Petugas serta staf yang ikut dalam pemeriksaan dan pengawasan. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *