MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Masih banyaknya jalan berlubang di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan yang belum diperbaiki, menuai protes dan kritikan dari berbagai kalangan masyarakat.

Seperti halnya dilakukan oleh salah seorang aktivis dan Koordinator LSM Pelawe Kompak (PEKO), Andi Lala.

Dalam video berdurasi singkat tersebut yang ditayangkan secara live di akun media sosial, Andi Lala melakukan aksi berenang di kubangan air coklat di jalan, tepatnya di Jalan dari objek Wisata Danau Gegas menuju ke Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Mura.

Video yang lagi viral ini berisi kritikan terkait jalan rusak ini terlihat seluruh badan tenggelam dalam kubangan karena dalamnya lubang di jalan tersebut.

Saat dikonfirmasi awak media, Koordinator LSM PEKO, Andi Lala mengatakan, ini merupakan kritikan dan sengaja dibuat karena sudah terlanjur resah dengan rusaknya jalan yang tidak kunjung diperbaiki.

“Infrastruktur jalan itu vital, nomor 1 bagi masyarakat karena ini menyangkut aktivitas ekonomi mereka,” Kata Andi Lala, Rabu (25/5/2022).

Menurut Andi, walau bagaimanapun, kondisi jalan yang rusak memang seharusnya cepat dilakukan perbaikan.

“Jika dibiarkan, kritikan-kritikan liar seperti ini akan semakin banyak beredar di media sosial,” tegasnya.

Masih dikatakan Andy Lala, kritikan tersebut juga bisa disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat.

“Oleh karena itu, transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Musi Rawas harus lebih dikedepankan oleh pemerintah,” ujarnya.

Di zaman serba digitalisasi sekarang ini, sambungnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura seharusnya sudah bisa menerapkan e-budgeting untuk setiap pembangunan.

“E-budgeting ini pun harus bisa diakses dan diketahui masyarakat cukup dengan gadgetnya masing-masing,” terang Andi.

Dengan demikian, lanjut Andi, masyarakat bisa mengetahui, kapan jalan tersebut akan diperbaiki dan lain sebagainya.

“Selain itu, masyarakat bisa tahu apakah ini jalan kewenangannya di pemerintah daerah, provinsi, pusat, atau bahkan ini adalah jalan desa, seharusnya pemerintah Kabupaten Musi Rawas harus lebih tanggap dan mencari strategi untuk pembangunan jalan tersebut, apa lagi Bupati Musi Rawas ada janji politik ‘Jalan Mulus Satu Periode. Jika melihat kondisi seperti ini kami mengkhawatirkan hal ini sulit untuk terealisasi,” pungkasnya. (Tim)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *