Musi Rawas, Wartakitanews.com – Sony, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Pemuda Anti Korupsi (LSM-BAPAK) mendesak Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) untuk mencopot Plt Kepala Bagian Umum saat ini. dirinya menilai pelaksana tugas Kabag Umum saat ini, dari segi kepangkatan belum cukup dan sesuai aturan dia meyakini masih banyak SDM lain yang cocok memimpin Bagian Umum sesuai dengan peraturan berlaku bagi ASN.

“Yang menjadi pertanyaan, apakah kepala bagian umum nantinya harus keponakan Bupati, ” Ujar Sony Kepada Wartawan (20/04/22).

Menurutnya, penempatan Plt Kabag Umum saat ini sangat la mencolok dan terkesan dipaksakan pasal yang bersangkutan pindah dari Pemkot Lubuklinggau ke Pemkab Mura baru berapa bulan langsung dilantik sebagai Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum kemudian ditunjuk sebagai plt bahkan sudah lebih dari enam bulan.

“Saat ini plt Kabag baru III C , seharus kepala daerah mempertimbangkan dan memberi kesempatan kepada ASN lain yang layak dari segi golongan dan kepangkatan. Saya yakin banyak yang lebih senior di bagian umum,” Tegasnya

Diapun menyampaikan bahwa, Bupati Mura seharusnya terapkan manajemen karier ASN yang meliputi tahapan akuisisi, pengembangan, retensi, dan penempatan talenta yang diprioritaskan untuk menduduki Jabatan target berdasarkan potensi dan kinerja tertinggi melalui mekanisme uji dan penilaian yang dilaksanakan secara efektif dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan Instansi Pemerintah. Ini merupakan istilah-istilah yang ada dalam kepegawaian atau birokrasi. Sistem tersebut tak lepas dari Pola Karier, pola karier di ASN sendiri telah diatur dengan PermenPANRB 22 tahun 2021 tentang Pola Karier.

“Pola Karier Pegawai Negeri Sipil disusun berdasarkan kaidah perencanaan dan pengembangan karier, sehingga perlu ditetapkan suatu Pedoman Pola Karier Pegawai Negeri Sipil,” Cetusnya seraya menambahkan, Apa yang terjadi bila seandainya Negara Atau Daerah Menggunakan Politik Dinasti.? Namun dirinya meyakini Pemkab Mura tidak bakal seperti itu. (Rudi Tanjung)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *