Lubuklinggau, Wartakitanews.com – Belum lama ini Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kota Lubuklinggau berhasil menguak ulah oknum, operator nakal di salah satu SPBU dan oknum masyarakat yang diduga berkomplot melakukan penimbunan BBM jenis Solar bersubsidi.

Cara yang dilakukannyapun terbilang rapi sebab terduga pelaku menggunakan kendaraan roda empat namun kondisi tengki sudah dimodifikasi bahkan dengan kapasitas tampung yang cukup banyak.

Dari hasil pengungkapan dugaan penimbunan BBM solar disalah satu SPBU Kota setempat sebagaimana dilansir dari kabarkan.co.id bahwa, satreskrim senin (4/4/22) sedikitnya mengamankan tiga unit mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), berikut ketiga orang oknum terduga pelaku masing-masing berinisial S warga terusan, serta Y dan R, warga megang.

Bahkan dari salah satu kendaraan nopol BG 1329 UY ditemukan 10 Derigen minyak yang telah terisi BBM jenis Solar.

“Dari salah satu kendaraan warna biru dengan nomor polisi BG 1329 UY, didapati 10 derigen yang terisi BBM jenis solar. Selain itu, juga ditemukan tangki mobil yang dimodifikasi dan kondisinya belum sempat diisi. Jika diisi, diperkirakan tangki modifikasi itu mampu menampung 500 liter Solar bersubsidi ,” Ungkap Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi, Rabu (6/4/22).

Sedangkan dari dua kendaraan lain, terangnya, juga ditemukan Solar sebanyak kurang lebih 200 liter yang telah terisi ke dalam tangki modifikasi dan 700 liter Solar yang dimasukan dalam jerigen. Dari keterangan awal terduga pelaku bahwa, BBM Solar subsidi itu akan mereka jual kembali eceran dan dijual keperkebunan.

“Keterangan sementara, ada yang mau dijual eceran dan dijual keperkebunan,” kata AKBP Harissandi.

Kapolres menegaskan, para terduga pelaku akan dikenakan pasal tindak pidana penyalahgunaan angkutan atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi oleh pemerintah.

“Itu sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 55 undang-undang nomor 22/2021 tentang Migas jo PP nomor 39 tahun 2004 tentang kegiatan hilir migas,” Pungkasnya. (RD)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *