MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Tingginya intensitas curah hujan sepekan terakhir, mengakibatkan sedikitnya 150 rumah warga Desa Sukamana, Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) direndam banjir, Jum’at (18/3/2022).

Informasi yang berhasil dihimpun, banjir ini diakibatkan luapan Sungai Dulu. Bahkan, ketinggian air sudah mencapai batas dada orang dewasa atau sekitar 1 meter.

Salah seorang warga Desa Sukamana, Waris (27) menceritakan air masuk ke pemukiman warga terjadi pada Jumat (18/3/2022) Sekitar Pukul 04.00 Wib.

Dikatakan kendati debit air terus naik dan sudah masuk kerumah. Namun, hingga saat ini sebagian besar warga masih bertahan dirumah masing-masing sembari was-was karena khawatir ketinggian air terus naik.

“Selain rumah, sejumlah kebun pertanian baik karet dan sawit warga juga ikut terendam. Sehingga, dengan kondisi ini membuat masyarakat tidak bisa beraktifitas dan mencari nafkah seperti biasanya. Akibatnya warga merugi,” ujarnya.

Mengenai adanya pihak Kecamatan ataupun Kabupaten yang datang untuk melakukan pengecekan sendiri. Dirinya mengakui bahwa hingga saat ini belum ada satupun perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura yang datang.

Terlepas dari itu, dirinya berharap agar air yang masuk ke permukiman warga ini dapat berangsur surut. Sehingga dengan begitu maka masyarakat dapat bisa beraktifitas seperti biasanya.

“Namun, kendati begitu hendaknya ada pihak Pemkab Mura yang datang untuk melakukan pengecekan kelapangan guna melihat secara langsung kondisi warga khususnya rumahnya yang terendam banjir,” harapnya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, H A Darsan saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp menjelaskan bahwa pihaknya sudah menerima laporan adanya bencana banjir di Desa Sukamana, Kecamatan STL Ulu Terawas.

“Secepatnya akan turun kelapangan untuk mengecek kondisi banjir yang ada di Desa Sukamana tersebut serta melakukan kajian cepat,” tandasnya. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *