MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) tengah membuat kajian pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal tersebut bertujuan, agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan meningkatkan penerimaan negara bukan pajak melalui sektor barang jasa.

Demikian dikatakan Kepala Balitbang Mura, Nanti Kasih melalui Sekretaris Balitbang Mura, Ervan Affansyah, saat dibincangi awak media di ruang kerjanya, Rabu (16/2/2022).

“Iya kami membuat kajian akan ada unit-unit di lingkungan Pemkab Mura yang bisa menjdi bagian aktif menyumbang APBD dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak sektor barang jasa sesuai potensi daerah,” katanya.

Menurut Ervan, dengan adanya unit-unit ini seiring dengan melemahnya ekonomi yang berimbas terhadap perekonomian global termasuk struktur APBD Kabupaten dengan berkurangnya transfer pusat maka belanja daerah berkurang.

Dilanjutkannya, sesuai undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 pasal 285 tentang Pemerintahan Daerah maka pendapatan daerah baik pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan lain-lain pendapatan daerah yang sah, transfer. Maka untuk pendapatan daerah sah daerah dapat menyusun sistem untuk mendapatkan PAD melalui penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Maka dari itulah barang jasa bisa menghasilkan penerimaan negara bukan pajak. Setidaknya, ada 11 UPT Dinas yang berpotensi untuk menghasilkan penerimaan negara bukan pajak yang selama ini belum maksimal. Sehingga, kedepan akan lebih dimaksimalkan guna mendukung visi misi Bupati mewujudkan Mura Mandiri,” tandasnya. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *