MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Guna melengkapi berkas penyidikan, Satreskrim Polres Mura melakukan rekontruksi kasus pembunuhan terhadap Agus Wanto (46) warga Desa Jaya Bakti Kecamatan Tuah Negeri Kabupupaten Musi Rawas (Mura) dan tersangka pembunuhan adalah Maryanto (52) warga Kampung III Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mura.

 

Rekontruksi ulang ini dilaksanakan di halaman belakang Mapolres Mura, Rabu (9/2/2022) sekitar pukul 10.30 WIB.

 

Dalam rekontruksi dijelaskan, awalnya korban pamit kepada istrinya Sukinem (40), untuk pergi menggandakan uang kepada Maryanto. Ia membawa uang Rp50 juta, yang katanya bisa menjadi tiga kali lipat.

 

Sebelum bertemu Maryanto, korban di perjalan sempat bertemu adik iparnya, Yakub dan meminta rokok. Setelah itu korban bertemu dengan Maryanto di jalan antara Jaya Bakti dengan Talang Ubi.

 

Kemudian, tersangka Maryanto meminta uang Rp7,8 juta dengan alasan untuk keperluan ritual. Selanjutnya mereka pergi menuju kediaman Agus Wanto di Desa Pian Raya Kecamatan Muara Lakitan.

 

Agus Wanto mengajak ke sana dengan alasan hendak mengambil uang Rp50 juta kepada istrinya. Mereka pun pergi kendati Maryanto menolak karena mendung, dan ia tidak bisa kena hujan.

 

Tapi korban Agus memaksa. Sehigga Maryanto kesal. Tapi mereka terus melakukan perjalanan. Saat salah satu jembatan dalam perjalanan mereka berhenti.

 

Saat itu Maryanto meminta agar korban membuang uang Rp200 ribu ke sungai dengan alasan untuk tumbal. Namun Agus menolak. Sehingga mereka lanjutkan perjalanan.

 

Seorang saksi melihat kedua korban berjalan mengendarai sepeda motor secara beriringan, yakni Syaiful Anam. Ia kemudian menyapa Agus saat mendahului keduanya.

 

Setelah itu, di dekat Jembatan Sungai Musi Desa Tambangan, Maryanto kembali meminta agar Agus membuang uang untuk tumbal, namun Agus menolak.

 

Maryanto pun kesal. Sehingga ia mengajak Agus menuju tepi Sungai Musi, untuk memulai ritual. Agus kemudian diminta mencuci wajahnya. Setelah itu diminta sujud.

 

Saat sujud itulah, sambil berkata “Nampuro Dek (maaf dik, red),” tersangka memukul kepala bagian belakang korban Agus, dengan batu yang sudah disiapkan sebelumnya.

 

Ia memukul kepala korban tiga kali. Kemudian memastikan agar korban meninggal dunia, maka ia memukul kembali menggunakan kayu.

 

Setelah korban tidak begerak, Maryanto mencium pipi dan kepala korban. selanjutnya, mengambil uang dan membuang tas bersama ponsel yang dibawa korban.

 

Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kasat Reskrim, AKP H. Dedy Rahmad Hidayat melalui Kanit Pidum, Ipda Ihsan Basni yang memimpin rekontruksi tersebut kepada sejumlah wartawan menjelaskan, pada intinya untuk melengkapi pemberkasan penyidikan, agar kejadian yang sebenarnya menjadi terang benderang.

 

“Hari ini, kita sengaja menggelar rekontruksi kasus pembunuhan, korbannya Agus Wanto dan tersangka Maryanto, pada intinya untuk melengkapi pemberkasan penyidik,” pungkasnya. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *