MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Kabupaten Musi Rawas (Mura) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam waktu dekat akan dinilai langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI). Penilaian yang akan dilakukan tersebut, yakni Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD). Apabila, dalam penilaian nanti bisa menjadi sejajar dengan Kabupaten terbaik maka Kabupaten Mura akan diberikan reward berupa dana isentif daerah (DID).

 

Demikian dikatakan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Mura, Nanti Kasih melalui Sekretaris Balitbang Mura, Ervan Affansyah saat dibincangi WartaKitaNews.com, di ruang kerjanya. Rabu (9/2/2022).

 

“Untuk tahun ini Kemendagri akan melakukan penilaian IPKD dan IKKD Kabupaten Mura,” katanya.

 

Dijelaskan Ervan, IPKD yakni terkait transparansi pengelolaan keuangan daerah dan konektivitas anggaran dengan visi misi Bupati. Sedangkan, kalau untuk penilaian IPKD sesuai Permendagri Nomor 38 tahun 2020 tentang IKKD.

 

“Jangan sampai dana dikeluarkan namun tidak mendorong visi misi Bupati atau tidak ada dalam dokumen perencanaan sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 tahun 2020 tentang pengukuran indeks pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

 

Menurut Ervan, untuk IKKD, tahun ini merupakan yang pertama kalinya dinilai, sedangkan IKPD yang kedua kalinya. Dimana, semua indeks penilaian melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga, dengan begitu maka nantinya akan dibentuk tim agar hasilnya maksimal.

 

Selain IKPD dan IKKD, sambungnya, tahun ini Mura juga akan mengikuti lomba Inovasi Goverment Award (IGA). Adapun yang dinilai yakni inovasi yang dilakukan kepala daerah sesuai peraturan pemerintah (PP) Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Dimana, untuk Mura sudah empat kalinya sejak tahun 2018 hingga 2021. Namun, khusus tahun 2021 IGA dicapai pada masa kepemimpinan Hj Ratna Machmud dan Hj Suwarti berdasarkan Kepmendagri nomor 002.6/58482021 tentang indeks inovasi daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota Mura berada di peringkat 9 dari 350 Kabupaten/Kota dengan kategori sangat Inovatif.

 

“Apabila Kabupaten Mura bisa masuk dalam jajaran Kabupaten terbaik baik dalam mengikuti lomba IGA, IPKD dan IKKD maka nantinya akan mendapatkan reward dana isentif daerah (DID),” tandasnya. (And)

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN, Owner WartaKitaNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *