Musi Rawas, Wartakitanews.com -Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Musi Rawas (Mura), laksanakan kegiatan Workshop tema Gerakan Sayang Lansia Mura Mantab. Acara itu terlaksana diruang rapat kantor setempat Selasa (02/11).

Pada laporannya M Rozak, Selaku Kepala Dinas P3A menyampaikan bahwa Workshop Gerakan Sayang Lansia ini diselenggarakan oleh pihaknya bertujuan guna mensosialisasikan mengenai hak asasi para lansia (lanjut usia).

“Kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan, penanggulangan kekerasan terhadap lansia, memberikan perlindungan kepada lansia dan mengefektifkan lembaga masyarakat serta tokoh binaaan keluarga yang ada di daerah kita,” Ujar Rozak dihadapan undangan kegiatan tersebut.

Diungkapkan Rozak, hal yang tidak kalah penting adalah mengubah cara pandang masyarakat bahwa lansia bukanlah beban keluarga, tetapi potensi pembangunan bila mereka dipenuhi hak-haknya dan mengoptimalisasi potensi yang dimiliki lansia.

“Untuk mewujudkannya dibutuhkan peran dari lansia itu sendiri dan juga keluarga serta peran dari lingkungannya sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura H Ratna Mahmud diwakili, oleh staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Heriyanto mengatakan, dirinya atas nama Pemkab Mura sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan workshop tentang hak lansia pada tahun ini.

“Mengingat Gerakan sayangi lansia adalah kegiatan untuk menghapus tindak kekerasaan dan diskriminasi terhadap lansia, yang dilakukan oleh keluarga, lembaga masyarakat, dunia usaha dan pemerintah. Oleh karenanya diharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan para lansia yang ada di daerah kita,” pungkasnya.

Sekedar informasi, kegiatan itu diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari GOW Mura, PKK se-kecamatan se-kabupaten Mura, DWP Mura, Ketua Forum Lembaga Lansia, serta unsur pejabat dan staf dari lingkungan Dinas PPPA sendiri. Selain dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM hadir pula Ketua Pokja 4 PKK Mura, Pengurus GOW, Forum Pengurus Lansia serta Narasumber. (RD/RLS).

By Joni Karbot

Bung JK : Komisaris PT VMN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *