MUSI RAWAS, WartaKitaNews.com – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-41 tahun 2021, Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud bersama jajaran melakukan panen raya di Desa Manah Resmi Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (25/10/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan bahwa hari ini, dilaksanakan panen Raya secara serentak di Indonesia yang dipusatkan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat oleh Menteri Pertanian RI dan Diikuti secara virtual serentak dengan Melakukan Panen di Wilayah masing-masing.

Dikatakan Bupati, Kabupaten Mura mengikuti peringatan Hari Pangan Sedunia dilaksanakan secara virtual dan panen padi secara simbolis.

“Ini penting, apalagi di Kabupaten Mura hampir 70 persen petani. Di moment ini kita memberikan apresiasi kepada petani karena menopang kebutuhan pangan dunia,” kata Bupati.

Bupati berharap petani agar terus semangat, sehingga kedepan Kabupaten Mura tetap menjadi lumbung pangan di Provinsi Sumsel dan juga nasional.

“Saat ini untuk hasil produksi, khususnya padi di Kabupaten Mura masih mencukupi, meski ada pengeringan irigasi,” ungkap Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Mura, Zuhri Syawal melalui Kabid Tanaman Pangan, Suyono mengatakan, padi yang dipanen Bupati di Kelompok Tani Berkah Tani Desa Manah Resmi tersebut, dengan variates Unggul Lokal dengan tanggal tanam 5 Juli 2021.

Desa Manah Resmi sendiri yang dipanen seluas 1,5 Ha dengan luas hamparan mencapai 20 Ha dengan produktifitas antara 5,7 Ton hingga 6,1 Ton gabah kering giling per hektarnya. Dimana harga beras di Desa Manah Resmi antara Rp8.500 hingga Rp9.000 ditingkat petani.

“Secara umum untuk di Kabupaten Mura sendiri, luas tanam di tahun 2021 ini mencapai 62.219 Ha dan luas panen mencapai 62.354 Ha dengan produksi diprediksi mencapai 337.709 Ton gabah kering atau setara 215.290 Ton beras dengan produktifitas 5,416 Ton gabah kering giling perhektar,” tutupnya. (And)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *