Banyuasin, WartaKitaNews.com – Hari Lahir (Harla) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke 48 dirayakan dengan beberapa rangkaian acara diantaranya Bakti Sosial dengan mendistribusikan puluhan paket Sembako kepada kaum Dhu’afa di Kecamatan Betung pada Hari Sabtu (24/07).

Kegiatan ini didahulukan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Ketua PK KNPI Betung Hadi Santoso bersama Ketua MPI M.Louis, S.Ag bertempat di Sekretariat PK KNPI Betung. Dalam sambutannya ketua MPI KNPI M.Louis S.Ag menceritakan sejarah singkat dan Peran KNPI sebagai Wadah berhimpunnya organisasi Kepemudaan. Lanjutnya, KNPI dilatari oleh obsesi Mayor Jenderal Ali Moertopo yang menghendaki stabilitas, menjalin persatuan dan kesatuan antar semua golongan. Maka kedekatannya dengan beberapa Organisasi Pemuda seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang nantinya dikenal sebagai kelompok Cipayung. Puncaknya pada tanggal 23 Juli 1973, para tokoh pemuda seperti Akbar Tandjung, David Napitupulu, dan lainnnya berkumpul dan terbentuklah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang Ketua pertamanya adalah David Napitupulu. Dengan kata lain Mayor Jenderal Ali Moertopo adalah bidan bagi lahir KNPI itu sendiri terang M.Louis dalam orasinya.

Selanjutnya Ketua PK KNPI Betung, Hadi Santoso mengatakan dalam sambutannya mengatakan bahwa PK KNPI Betung dicanangkan untuk mendukung program Bupati Kabupaten Banyuasin untuk terwujudnya Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Kader- kader KNPI harus pro aktif dan bersinergi dengan semua unsur ini dalam kondisi pandemi yang saat ini belum menunjukkan tanda- tanda akan berakhirnya, untuk bisa menunjukkan kepedulian KNPI kepada sesama. Harapannya semoga program yang baik ini bukan sekedar terlaksana pada saat ini saja, namun bisa terus berlanjut secara konsisten dan melibatkan lebih banyak donatur, sehingga lebih banyak yang bisa terbantukan, terangnya.

Sementara itu Wa.Sekum PK KNPI Betung Harmoko, A.Md mengatakan bahwa dalam kegiatan ini dibagikan puluhan paket sembako kepada kaum Dhu’afah yang tersebar ke beberapa titik diantaranya Kelurahan Rimba Asam, Kelurahan Betung, Desa Bukit dan Desa Sukamulya. Paket ini sendiri terkumpul berkat donasi dari semua anggota dan kader KNPI Betung. Alhamdulillah walaupun dilaksanakan secara cepat, antusias dan kepedulian teman KNPI ini benar- benar nampak dalam kegiatan ini karena tidak perlu menunggu lama dalam waktu sehari jutaan donasi terkumpul. Semoga apa yang telah disalurkan dapat sedikit membantu masyarakat Betung yang mengalami kesulitan tutupnya. [Vilkadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *