Banyuasin. Wartakitanews.com.
Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, merupakan salah satu desa terpilih untuk melaunchingkan tujuh dari salah satu program Bupati Banyuasin H Askolani Jasi SH MH, yaitu gerakan memelihara ternak dan unggas (Gemartugas). Selasa (08/12/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Kades Tanjung Laut Samsul Bahri, camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi S Ag MSi, Bupati Banyuasin H Askolani Jasi SH MH, wakil Bupati Banyuasin H Slamet somosentono SH, Ketua DPRD, sekda Dr HM Senen Har MSi, Asisten 1, dan 2, Staf ahli, Staf khusus, Kepala Dinas Perkebunan, dan peternakan Edil Fitriyadi S.Sos MSi, Danramil Betung, Kapolsek Betung, Manager PT SAL Victor Ompusunggu, Meneger PT KAM, PKK Tanjung Laut, dan warga penerima bantuan.

Pada acara gemartugas ini, Camat Suak Tapeh dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dengan terpilihnya salah satu desa di kecamatan Suak Tapeh sebagai desa yang mendukung dan menjalankan program Bupati Banyuasin.

“Alhamdulillah, Suak Tapeh terpilih salah satu dari 7 program Bupati Banyuasin untuk melaunching kan program gemartugas, dan tak lupa ucapan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Banyuasin Kadis, dan Kabid yang telah hadir untuk acara ini, mudah mudahan bantuan ternak ayam tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat dan bisa di kelola dengan baik,” katanya.

Gemartugas atau Gerakan memelihara Ternak Unggas, dalam penjelasan dari Kepala Finas Budidaya Unggas Dan Ternak (Kadisbunnak) Edil Fitriyadi SP MSI mengatakan, jika ini merupakan 7 dari program bupati Banyuasin H Askolani SH MH yang di launchingkan di dua desa.

“Desa yang pertama dilaunching program gemartugas yaitu di desa Salek Agung kecamatan Air Salek yang penerima batuan hibah ternak ayam buras yaitu dari kelompok ternak gemar harapan A dan Gemar harapan B masing-masing bantuan berjumlah 400 ekor ayam, dan total penerima dua kelompok tersebut berjumlah 800 ekor ayam dana bantuan dari APBD-P, dan launching ke dua diselenggarakan di Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh, dan bantuan dari Viktor Ompusunggu merupakan manager PT Sri Andal Lestari bantuan tersebut berupa pakan ternak sebanyak 800 kg dan 12 bungkus obat dan vitamin untuk ternak dan diserahkan kepada penerima bantuan hibah ternak, yaitu kelompok anggrek, yang di ketuai oleh Ali mustar, menerima bantuan 400 ekor ayam, dan kelompok serumpun diketuai oleh Juma’at, berjumlah 400 ekor ayam, kelompok menerima bantuan hibah ternak ayam masing-masing penerima per kepala keluarga rumah tangga miskin berjumlah 20 ekor ayam total seluruh bantuan yang di terima oleh kecamatan Air Salek dan kecamatan Suak Tapeh melalui bantuan dari APBDP berjumlah 1600 ekor ayam,” terangnya.

Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH MH juga menghimbau kepada masyarakat Banyuasin agar tetap mematuhi peraturan protokol kesehatan (prokes) covid 19 selalu menaati 3 M yaitu: mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Bupati juga menjelaskan bahwa selain bekerja untuk mencapai kesejahteraan melalui 7 (tujuh) program Banyuasin Bangkit, juga ada 7 (Tujuh) Gerakan yang harus dijalankan dan dimaksimalkan di Kecamatan dan Desa. juga Tujuan Dari gemartugas yaitu dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga agar masyarakat dapat mengembangbiakan ayam tersebut sehingga dapan membantu pemulihan ekonomi dan mengurangi tingkat kemiskinan.

“Semua ini dilakukan guna mendukung pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, ekonomi mandiri agar kita bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi apalagi di masa covid 19 ini,” tutupnya.

Di akhir acara yaitu serah terima secara simbolis ternak ayam beserta pakan ayam kepada ketua kelompok serumpun dan anggrek yang di serahkan langsung oleh Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, dan wakil bupati Banyuasin H Slamet somosentono SH. (Adek Irawan)

By admin

Joni Karbot & Vilkadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *